Article Detail


Mengasah Kreativitas dalam kegiatan Market Day

Hari iniĀ  Senin, 17 Oktober 2025 kelas 2 dan 5 SD Santo Carolus mengadakan kegiatan Market Day. Kegiatan ini bertujuan untuk mengembangkan jiwa kewirausahaan dan kreativitas siswa, serta mengajarkan mereka tentang konsep bisnis dan manajemen keuangan.

Berbagai produk hasi kreatif dan lezat dijual oleh para siswa yang dibagi menjadi beberapa kelompok, mulai dari makanan ringan seperti mie, sosis bakar, kentang goreng, cookies, cupcakes, dan es buah, dan stiker lucu. Para siswa dengan kreativitas yang mereka milikiĀ Ā  berusaha untuk menarik calon pembeliĀ  menawarkan secara langsung maupun dengan template atau iklanĀ  sederhana yang telah mereka siapkan yang dipasang didepan mejanya, dengan dipasang di dada mereka. Sehingga kagiatan market day hari ini terkesan meriah dan menarik pengunjung.

Dengan dukungan bapak ibu guru dan orang tua murid kegiatan Market Day in, diharapkan siswa dapat menumbuhkan semangat kewirausahaan sejak dini, menjadi pribadi yang kreatif, mandiri, bertanggung jawab, serta mampu mengelola keuangan dan bekerja sama dengan baik dalam tim. Melalui kegiatan Market Day, siswa juga diharapkan dapat menghargai proses usaha, memiliki kemampuan berkomunikasi yang efektif, serta menumbuhkan rasa percaya diri dan inovatif dalam menghadapi tantangan di masa depan.

ā€œKegiatan Market Day ini asyik banget buat saya karena sambil belajar menjadi usahawan kecil, kami belajar juga matematika dengan cara menghitung uang kembalian, jumlah modal dan jumlah keuntungan,ā€kata Hans salah satu murid kelas 5. ā€œKami juga bisa belajar Bahasa Indonesia dengan membuat poster untuk menarik pembeli dan juga belajar untuk mempromosikan barang dagangan kami supaya cepat laku.ā€ Jelas Hans selanjutnya.

Sementara itu Bu Dwi selaku wali kelas 5 mengatakan bahwa menanamkan jiwa entrepreneur harus dilakukan sejak dini karena dengan penanaman sejak dini kelak mereka bisa menjadi entrepreur yang memiliki daya juang tinggi.

Penulis : Antonius Sugiyanto


Comments
  • there are no comments yet
Leave a comment