Article Detail


PEMBELAJARAN JARAK JAUH KOLABORATIF KELAS 4

Pada hari Rabu, 15 Oktober 2025, tujuh sekolah dasar Katolik dari Surabaya dan Jakarta melaksanakan kegiatan Pembelajaran Jarak Jauh Kolaboratif (PJJ Kolaboratif) dengan tema “Energi dan Perubahannya.” Kegiatan ini diikuti oleh siswa kelas 4 dari tujuh sekolah, yaitu:

v  SD Santo Carolus Surabaya

v  SD Tarakanita Surabaya

v  SD Tarakanita 1 Jakarta

v  SD Tarakanita 2 Jakarta

v  SD Tarakanita 3 Jakarta

v  SD Tarakanita 4 Jakarta

v  SD Tarakanita 5 Jakarta

 

Kegiatan berlangsung secara daring mulai pukul 07.20 hingga 08.30 WIB dan diikuti dengan antusias oleh seluruh peserta didik.

Pembelajaran ini menghadirkan dua narasumber inspiratif, Bapak FX Eko Suroyo, M.Pd. dari Surabaya dan Ibu Tri Anjarwati KW, S.Pd. dari Jakarta. Keduanya membimbing para siswa untuk mengenal berbagai bentuk energi, sumber-sumber energi, serta contoh perubahan energi dalam kehidupan sehari-hari dengan cara yang interaktif dan menyenangkan.

 

Dalam kegiatan ini, teknologi menjadi bagian penting dari proses pembelajaran. Para narasumber memanfaatkan IT-Board sebagai media interaktif untuk menampilkan materi pembelajaran secara visual dan menarik. Melalui IT-Board, para siswa diajak untuk berpartisipasi aktif dalam kuis, pengamatan, serta diskusi tentang energi.


Selain itu, pembelajaran juga diperkuat dengan penggunaan PhET Simulation — aplikasi simulasi sains interaktif yang memungkinkan siswa mengamati secara langsung bagaimana energi dapat berubah dari satu bentuk ke bentuk lainnya. Dengan bantuan IT-Board, simulasi ini ditampilkan secara real-time sehingga seluruh siswa dapat melihat, bereksperimen, dan memahami konsep perubahan energi dengan lebih jelas dan konkret.

 

Suasana kelas virtual menjadi sangat hidup. Para siswa tampak bersemangat mengikuti setiap penjelasan dan simulasi, serta aktif menjawab pertanyaan yang diajukan narasumber. Guru-guru pendamping dari masing-masing sekolah turut membantu dan memastikan kegiatan berjalan.

By : FX Eko Suroyo, M.Pd.



Comments
  • there are no comments yet
Leave a comment