Article Detail

LINGKUNGAN HIDUP SUMBER BELAJARKU

                   LINGKUNGAN HIDUP SUMBER BELAJARKU

       Kegiatan belajar tidak harus dilakukan di dalam kelas , lingkungan di sekolah merupakan salah satu sumber belajar yang menyenangkan bagi peserta didik. Untuk menumbuhkan sikap Cc5 plus dalam diri peserta didik perlu adanya keteladanan dan pembiasaan sehari-hari agar mereka dapat menerapkan nilai-nilai Cc5 plus dalam kehidupan sehari-hari.

        Pada hari Jumat, 29 Juli 2016 2016 kelas V - VI melakukan kegiatan penanaman benih sawi di dalam polibag. Nilai – nilai conviction , community, dan KPKC dari peserta didik dapat diterapkan dalam kegiatan ini. Kegiatan ini bertujuan untuk menumbuhkan sikap peduli dan menghargai lingkungan hidup kita. Benih sawi dibagikan kepada peserta didik untuk ditanam satu persatu dalam polibag. Para peserta didik diberi tanggungjawab untuk merawat pertumbuhan benih sawi agar subur.

        Pada hari Selasa, 3 Agustus 2016 kelas VIA melakukan pembelajaran matematika di luar kelas . Para peserta didik dibagi menjadi 10 kelompok untuk mengamati berbagai jenis tanaman yang ada di hutan sekolah, Green house, lingkungan TOGA. Tujuan dari kegiatan ini untuk menumbuhkan sikap community , conviction, kepedulian terhadap lingkungan. Banyak pengalaman yang diperoleh antara lain : para peserta didik dapat  melihat berbagai jenis tanaman, mengetahui nama-nama tanaman yang ada di sekolah, mengetahui jumlah dari masing-masing tanaman , dan dapat menjelaskan manfaat dari setiap tanaman.

         Lingkungan hidup merupakan sumber belajar yang sangat penting bagi peserta didik agar wawasan dan pengetahuan mereka semakin berkembang. Pengalaman langsung yang diperoleh dari alam dapat dijadikan inspirasi bagi peserta didik untuk mengembangkan kreativitas mereka dalam belajar di sekolah. Kegiatan seperti ini perlu dilakukan secara berkesinambungan agar apa yang telah diperoleh para peserta didik sebelumnya mampu dikembangkan menjadi suatu pembiasaan dalam kehidupan sehari-hari. ( Dwi.S ).

Comments
  • there are no comments yet
Leave a comment