Article Detail

Uji Kompetensi Dasar Calistung di SD Santo Carolus

Uji Kompetensi Dasar Calistung di SD Santo Carolus

            Salah satu tujuan Pemerintah Indonesia tertuang dalam Pembukaan UUD 1945 adalah mencerdaskan bangsa, hal tersebut bukan tugas pemerintah semata, masyarakat, dan keluarga juga memiliki andil yang besar dalam keberhasilan pendidikan di Indonesia. Khusus di kota Surabaya berbagai hal mulai dari peningkatan sarana dan prasarana, Pendidik, dan Tenaga Kependidikan (PTK) dan biaya operasional pendidikan serta fasilitas-fasilitas yang lain guna peningkatan mutu pendidikan sangat mendapat prioritas.

            Peningkatan prestasi peserta didik merupakan tanggung jawab bersama. Seluruh personal lembaga yang mengelola sekolah tersebut, utamanya dalam proses pembelajaran. Sebagai upaya mengukur sejauh mana peserta didik kelas III Sekolah Dasar/ Madrasah Ibtidaiyah di Kota Surabaya ini dalam penguasaan Uji Kompetensi Dasar (UKD) membaca, menulis, dan berhitung (CALISTUNG), maka dilaksanakan Uji Kompetensi Dasar Calistung.

Adapun tujuan Uji Kompetensi Dasar ( UKD ) adalah :

1.Memberi umpan balik bagi guru kelas I, II, dan III dalam mempersiapkan peserta didik dan memotivasi prestasi di tingkat kelas berikutnya,

2.Sebagai deteksi dini sekolah sejak tingkat berapa sebenarnya kelemahan peserta didik diketahui sehingga dapat memperbaiki dan memotivasi keseluruhan program pembelajaran agar prestasi dapat ditingkatkan,

3.Untuk mapping kompetensi dasar di sekolah-sekolah yang ada di Kota Surabaya.

            Uji Kompetensi Dasar Calistung diadakan pada hari Selasa dan Rabu tanggal 30 dan 31 Agustus 2016. Tempat pelaksanaan di sekolah masing-masing.

            Adapun jadwal pelaksanaan adalah hari Selasa tanggal 30 Agustus 2016 Membaca dan Menulis, untuk hari Rabu tanggal 31 Agustus 2016 Berhitung. Kegiatan Calistung dimulai pukul 07.00. Setelah kegiatan Calistung selesai langsung dilanjutkan koreksi pada hari Kamis tanggal 1 Septembet 2016 di SDN Jemurwonosari 3 pukul 07.00 sampai selesai. (emi )

Comments
  • there are no comments yet
Leave a comment