Article Detail

BELAJAR BAHASA INDONESIA MENJADI LEBIH MENYENANGKAN

BELAJAR BAHASA INDONESIA

MENJADI LEBIH MENYENANGKAN

 

            Selasa, 18 Pebruari 2014 siswa kelas IV.A SD Santo Carolus Surabaya tampak sedang belajar dengan serius, dan antusias sekali. Pagi itu, mereka sedang belajar mata pelajaran Bahasa Indonesia, untuk aspek membaca. Materi yang mereka pelajari adalah membaca teks melalui membaca intensif, agar menemukan kalimat utama pada tiap paragraf.    

Sebelum masuk ke materi inti, melalui power point yang ditayangkan, siswa diajak  untuk lebih memahami apa arti membaca intensif, arti paragraf, arti kalimat utama, dan arti kalimat penjelas. Dari situ kemudian, barulah guru mengajak siswa mencari cara menentukan kalimat utama. Selama pelajaran berlangsung, siswa tampak  lebih tertib dan lebih serius mengikuti pelajaran. Saat guru memberikan pertanyaan untuk   menemukan kalimat utama dalam sebuah paragraf, siswa juga sangat antusias menjawabnya, mereka banyak yang mengacungkan tangan.

Sebagai evaluasi untuk mengukur pemahaman siswa terhadap materi pelajaran yang baru diterimanya, di akhir pelajaran siswa disuruh   mengerjakan LKS. Dalam LKS tersebut terdapat  sebuah bacaan yang terdiri dari beberapa paragraf. Siswa harus mencari kalimat utama pada setiap paragraf, dan dikerjakan secara berkelompok. Dalam diskusi kelompok, sering terdengar siswa adu argumentasi tentang kalimat mana yang menjadi kalimat utama. Tetapi akhirnya mereka sepakat memilih kalimat yang dianggapnya paling tepat.

Setelah guru memeriksa LKS, ternyata dari 12 kelompok siswa kls IV.A yang mengerjakan lembar kerja,  semua mendapat nilai tuntas. Dari sini bisa disimpulkan, bahwa pembelajaran inovatif yang menggunakan media visual lebih menarik minat siswa  dan memberi pemahaman yang lebih baik. (Yulia.P_2014)

       Satuhati…Satu semangat…Tarakanita…Yes! Bravo SD Santo Carolus! 
Comments
  • there are no comments yet
Leave a comment